MENGKONEKSIKAN ESP 32 DENGAN BLYNK UNTUK MEREMOTE LAMPU LED

 


 

 

A.Tujuan

  1. siswa mampu menghubungkan ESP32 ke jaringan WiFi.
  2. siswa dapat mengintegrasikan ESP32 dengan aplikasi Blynk IoT.
  3. siswa dapat mengontrol perangkat (LED) melalui smartphone menggunakan Blynk.

 

B. Alat & Bahan

  1. ESP32 Development Board
  2. Kabel USB untuk ESP32
  3. Breadboard (opsional)
  4. LED + Resistor (220Ω)
  5. Smartphone Android/iOS dengan aplikasi Blynk IoT (unduh di PlayStore/AppStore)
  6. Laptop dengan Arduino IDE dan library berikut:
    • ESP32 Board Manager
    • Blynk Library

C.LANGKAH KERJA

1. Instalasi Arduino IDE dan Library

1.       Buka Arduino IDE dan pilih  FILE-NEW SKETCH

 

2.       Setelah halaman baru tebuka tutup halaman atau file Arduino yang sebelumnya

 

3.       Tambahakan Library , klick ikon seperti yang di tunjuk oleh panah pada gambar di bawah

 

4.       Pada kolom pencarian ketikkan Blynk

 

5.      Install library Blynk by Volodymmyr Shymanskyy  dengan cara klick install

 

6.      Pada Board manager install board esp32 by Espressisf System

 



 

7.      PASTIKAN BOARD MANAGER ESP-32 WROOM-DA MODULE

8.      PASTIKAN PORT COM AKTIF

JALANKAN PROGRAM

2. Persiapan Akun Blynk

1.     Buka aplikasi Blynk IoT di smartphone. Dan buat akun dengan kclick sign up

2.     Buat akun dengan dengan Gmail

kemudian check e-mail , anda aka dikirimkan link unutk konfirmasi dan login

9.     Jika sudah punya akun maka tinggal login saja ke aplikasi Blynk

3.     Saat anda selesai login , anda akan di arahkan kehalaman beranda utama

4.     Untuk membuat device baru, silahkan klick  Create New Device dan masukkan nama templete dan klik continue
 

5.     Selanjutnya pilih dan  klick BUTTON

6.     Anda akan di arahkan ke halaman pengaturan dan klick tanda tambah

7.     Klick BUTTON

8.     Setelah di klick maka akan di arahkan langsung ke halaman berikutnya dan tambahkan BUTTON satu lagi dengan Langkah yang sama maka button baru akan di tambahkan  ,menggunakan 2 button karena akan ada 2 buah lampu LED
 

9.     Klick yang di tunjukkan oleh tanda panah berikut untuk menambahakan virtual pin dan datastream

10.  Klick create virtual pin DataStream

11.  Pilih virtual pin number sesuaikan nanti dengan program

 

10.  Sesuaikan dengan gambar di bawah ini dan click tanada centang,

11.  Lakukan hal yang sama dengan klick create new,  dan buat virtual pin yang baru dan sesuaikan dengan gambar di bawah ini dan kclick tanda centang
 

12.  Kemudian kclick tanda X
 k

13.  Klick satu satu tombol off di atas hingga keluar halama berikut  unutk memasukkan datastream dan ubah push menjadi switch

 

14.  Lakukan langkah yang sama untuk tombol off yang satunya

15.  Setelah itu tekan tekan tombol panah untuk kembali dan tobol X untuk keluar
 

16.  Kemudian klick add new device DAN pilih  manualy from templete

17.  Kemudian klick create dan device remote di blynk telah siap
 

12.  Catat:

o   Template ID

o   Device Name

o   Auth Token (akan dikirim ke email).


3. Rangkaian ESP32

Hubungkan LED ke ESP32:

·       GPIO 4 → LED Hijau (+) → Resistor 220Ω → GND.

·       GPIO 5 → LED Kuning (+) → Resistor 220Ω → GND.


4.   Program ESP32

Salin program berikut

#define BLYNK_TEMPLATE_ID "ganti dengan templete id anda"

#define BLYNK_TEMPLATE_NAME "ganti dengan template name anda "

#define BLYNK_AUTH_TOKEN " ganti dengan AUTH TOKEN ANDA"

 

// Untuk mendapatkan kode templete,name dan token lakukan terlebih dahulu

//persiapan aplikasi blynk pada Langkah bagian 2

#define BLYNK_PRINT Serial

 

#include <WiFi.h>

#include <BlynkSimpleEsp32.h>

 

// Token autentikasi

char auth[] = BLYNK_AUTH_TOKEN;

 

// Pin LED

const int ledHijau  = 4;

const int ledKuning = 5;

 

// WiFi credentials

const char* ssid     = "GANTI DENGAN SSID WIFI ANDA";

const char* password = "GANTI DENGAN PASWORD WIFI ANDA";

 

// Timer

BlynkTimer timer;

 

// Kontrol LED Kuning (V1)

BLYNK_WRITE(V1) {

  int ledState = param.asInt();

  digitalWrite(ledKuning, ledState);

  if (ledState == 1) {

    Serial.println("Lampu kuning HIDUP");

  } else {

    Serial.println("Lampu kuning MATI");

  }

}

 

// Kontrol LED Hijau (V2)

BLYNK_WRITE(V2) {

  int ledState = param.asInt();

  digitalWrite(ledHijau, ledState);

  if (ledState == 1) {

    Serial.println("Lampu hijau HIDUP");

  } else {

    Serial.println("Lampu hijau MATI");

  }

}

 

// Fungsi monitoring WiFi

void checkWiFi() {

  if (WiFi.status() == WL_CONNECTED) {

    Serial.print("WiFi OK - IP: ");

    Serial.println(WiFi.localIP());

  } else {

    Serial.println("WiFi putus! Coba reconnect...");

    WiFi.begin(ssid, password);

  }

}

 

void setup() {

  pinMode(ledHijau, OUTPUT);

  pinMode(ledKuning, OUTPUT);

 

  Serial.begin(115200);

 

  Serial.print("Menghubungkan ke WiFi: ");

  Serial.println(ssid);

 

  // Koneksi WiFi manual

  WiFi.begin(ssid, password);

  while (WiFi.status() != WL_CONNECTED) {

    delay(500);

    Serial.print(".");

  }

  Serial.println("\nWiFi terhubung");

  Serial.print("IP Address: ");

  Serial.println(WiFi.localIP());

 

  // Hubungkan ke Blynk

  Blynk.config(auth);

  if (Blynk.connect()) {

    Serial.println("Terhubung ke Blynk");

  } else {

    Serial.println("Gagal terhubung ke Blynk");

  }

 

  // Timer untuk cek koneksi WiFi tiap 10 detik

  timer.setInterval(10000L, checkWiFi);

}

 

void loop() {

  Blynk.run();

  timer.run();

}

 

👉 Ganti TEMPLATE_ID_KAMU dan AUTH_TOKEN_KAMU dengan data dari aplikasi Blynk.login dengan menggunkan Blynk website pada computer, karena pada blynk android tidak tersedia

👉 Ganti NAMA_WIFI dan PASSWORD_WIFI sesuai WiFi kamu.


 


6. Uji Coba

1.     Upload program ke ESP32.

2.     Buka Serial Monitor → pastikan ESP32 terhubung ke WiFi dan Blynk.

3.     Buka aplikasi Blynk → tekan tombol V1 atau V2 → LED harus menyala/mati sesuai tombol.

 

Post a Comment

0 Comments