A.Tujuan
- siswa mampu menghubungkan ESP32 ke jaringan WiFi.
- siswa dapat mengintegrasikan ESP32 dengan aplikasi Blynk
IoT.
- siswa dapat mengontrol perangkat (LED) melalui
smartphone menggunakan Blynk.
B.
Alat & Bahan
- ESP32 Development Board
- Kabel USB untuk ESP32
- Breadboard (opsional)
- LED + Resistor (220Ω)
- Smartphone Android/iOS dengan aplikasi Blynk IoT
(unduh di PlayStore/AppStore)
- Laptop dengan Arduino IDE dan library berikut:
- ESP32 Board Manager
- Blynk Library
C.LANGKAH KERJA
1. Instalasi Arduino IDE
dan Library
1.
Buka Arduino IDE dan pilih FILE-NEW SKETCH

2. Setelah
halaman baru tebuka tutup halaman atau file Arduino yang sebelumnya
3. Tambahakan
Library , klick ikon seperti yang di tunjuk oleh panah pada gambar di bawah

4. Pada
kolom pencarian ketikkan Blynk 
5.
Install library Blynk by Volodymmyr Shymanskyy dengan cara
klick install
6.
Pada
Board manager install board esp32 by Espressisf System

7. PASTIKAN BOARD MANAGER ESP-32
WROOM-DA MODULE

8.
PASTIKAN PORT COM
AKTIF

JALANKAN
PROGRAM 
2. Persiapan Akun Blynk
1. Buka
aplikasi Blynk IoT di smartphone. Dan buat akun dengan kclick sign up
2. Buat
akun dengan dengan Gmail
kemudian check e-mail , anda aka
dikirimkan link unutk konfirmasi dan login
9.
Jika sudah punya akun maka tinggal login saja ke
aplikasi Blynk

3. Saat
anda selesai login , anda akan di arahkan kehalaman beranda utama

4. Untuk
membuat device baru, silahkan klick
Create New Device dan masukkan nama templete dan klik continue
5. Selanjutnya
pilih dan klick BUTTON

6. Anda
akan di arahkan ke halaman pengaturan dan klick tanda tambah

7. Klick
BUTTON

8. Setelah
di klick maka akan di arahkan langsung ke halaman berikutnya dan tambahkan
BUTTON satu lagi dengan Langkah yang sama maka button baru akan di
tambahkan ,menggunakan 2 button karena
akan ada 2 buah lampu LED

9. Klick yang di tunjukkan oleh tanda panah berikut untuk
menambahakan virtual pin dan datastream

10. Klick create virtual pin DataStream

11. Pilih virtual pin number sesuaikan nanti dengan
program

10. Sesuaikan
dengan gambar di bawah ini dan click tanada centang,

11. Lakukan
hal yang sama dengan klick create new, dan buat virtual pin yang baru dan sesuaikan
dengan gambar di bawah ini dan kclick tanda centang

12. Kemudian kclick tanda X
k
13. Klick
satu satu tombol off di atas hingga keluar halama berikut unutk memasukkan datastream dan ubah push
menjadi switch

14. Lakukan langkah yang sama untuk tombol off yang
satunya
15. Setelah
itu tekan tekan tombol panah untuk kembali dan tobol X untuk keluar

16. Kemudian klick add new device DAN pilih manualy from templete

17. Kemudian
klick create dan device remote di blynk telah siap

12. Catat:
o
Template ID
o
Device Name
o
Auth Token
(akan dikirim ke email).
3. Rangkaian ESP32
Hubungkan LED ke ESP32:
· GPIO
4 → LED Hijau (+) → Resistor 220Ω → GND.
· GPIO
5 → LED Kuning (+) → Resistor 220Ω → GND.
4.
Program ESP32
Salin
program berikut
#define BLYNK_TEMPLATE_ID "ganti dengan templete id
anda"
#define BLYNK_TEMPLATE_NAME "ganti dengan template
name anda "
#define BLYNK_AUTH_TOKEN " ganti dengan AUTH TOKEN
ANDA"
//
Untuk mendapatkan kode templete,name dan token lakukan terlebih dahulu
//persiapan
aplikasi blynk pada Langkah bagian 2
#define BLYNK_PRINT Serial
#include <WiFi.h>
#include <BlynkSimpleEsp32.h>
//
Token autentikasi
char auth[] =
BLYNK_AUTH_TOKEN;
// Pin
LED
const int ledHijau = 4;
const int ledKuning = 5;
// WiFi
credentials
const char* ssid = "GANTI DENGAN
SSID WIFI ANDA";
const char* password = "GANTI DENGAN
PASWORD WIFI ANDA";
//
Timer
BlynkTimer
timer;
//
Kontrol LED Kuning (V1)
BLYNK_WRITE(V1) {
int ledState = param.asInt();
digitalWrite(ledKuning, ledState);
if (ledState == 1) {
Serial.println("Lampu kuning
HIDUP");
} else {
Serial.println("Lampu kuning
MATI");
}
}
//
Kontrol LED Hijau (V2)
BLYNK_WRITE(V2) {
int ledState = param.asInt();
digitalWrite(ledHijau, ledState);
if (ledState == 1) {
Serial.println("Lampu hijau
HIDUP");
} else {
Serial.println("Lampu hijau
MATI");
}
}
//
Fungsi monitoring WiFi
void checkWiFi() {
if (WiFi.status() == WL_CONNECTED) {
Serial.print("WiFi OK - IP:
");
Serial.println(WiFi.localIP());
} else {
Serial.println("WiFi putus! Coba
reconnect...");
WiFi.begin(ssid, password);
}
}
void setup() {
pinMode(ledHijau, OUTPUT);
pinMode(ledKuning, OUTPUT);
Serial.begin(115200);
Serial.print("Menghubungkan ke
WiFi: ");
Serial.println(ssid);
// Koneksi WiFi manual
WiFi.begin(ssid, password);
while (WiFi.status() != WL_CONNECTED) {
delay(500);
Serial.print(".");
}
Serial.println("\nWiFi terhubung");
Serial.print("IP Address: ");
Serial.println(WiFi.localIP());
// Hubungkan ke Blynk
Blynk.config(auth);
if (Blynk.connect()) {
Serial.println("Terhubung ke
Blynk");
} else {
Serial.println("Gagal terhubung ke
Blynk");
}
// Timer untuk cek koneksi WiFi tiap 10 detik
timer.setInterval(10000L, checkWiFi);
}
void loop() {
Blynk.run();
timer.run();
}
👉 Ganti TEMPLATE_ID_KAMU
dan AUTH_TOKEN_KAMU dengan
data dari aplikasi Blynk.login dengan menggunkan Blynk website pada computer,
karena pada blynk android tidak tersedia
👉 Ganti NAMA_WIFI
dan PASSWORD_WIFI sesuai
WiFi kamu.
6. Uji Coba
1. Upload
program ke ESP32.
2. Buka
Serial Monitor → pastikan ESP32 terhubung ke WiFi dan Blynk.
3. Buka
aplikasi Blynk → tekan tombol V1 atau
V2 → LED harus menyala/mati sesuai tombol.
0 Comments